Sabtu, 28 Februari 2015

Kearifan Lokal Kampung Kuta

Saat pulang dari Karangsambung, saya bersama rombongan geografi mampir ke suatu tempat yang bernama kampung kuta. Nama kuta memang kedengaran sudah tidak asing lagi seperti nama pantai di Bali. Namun kampung kuta bukan nama kampung yang ada di bali melainkan terletak di Kabupaten Ciamis. Dalam hati pun bertanya-tanya ada fenomena apakah di sana?
Kampung kuta adalah sebuah kampung yang masih menjungjung tinggi nilai-nilai adat. Jika dilihat dari gerbang masuk terlihat sebuah kampung yang sepi, jauh dari keramaian, dan tertutup dengan dunia luar. Hal ini bisa dilihat dari bentuk rumah yang masih tradisional yaitu rumah panggung tanpa penerangan.
Selain itu masyarakat setempat masih menganut kepercayaan seperti yang terlihat pada papan larangan dibawah ini :
Peraturan di Kampung Kuta


Berkumpul dengan masyarakat setempat



Setelah mengunjungi kampung kuta pengetahuanku bertambah luas ternyata masih ada kampung adat yang masih tertutup dari perubahan-perubahan industri dari luar. Kita harus menghargai dan mempelajari apa yang menjadi nilai-nilai adat pada zaman dulu seperti rumah panggung adalah rumah yang didesain orang tua zaman dulu sebenarnya mempunyai manfaat untuk meminimalisir kerusakan jika terjadi gempa bumi, apalagi letak Kabupaten Ciamis yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan menjadi tempat tumbukan antara lempeng Eurasia dan Indoaustralia sehingga merupakan daerah rawan bencana.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda