Sabtu, 28 Februari 2015

Wonderful Lombok

Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan karena keindahan pantainya yang masih perawan dan adat istiadat yang masih dilestarikan. Saya berkesempatan mengunjungi Lombok selama 3 hari di Lombok. Setelah sampai di Pelabuan Padangbay, kita berangkat menuju penginapan di Kota Mataram.Sepanjang perjalanan saya sangat takjub melihat keindahan bangunan mesjid di setiap 500 meter berbeda dengan Bali yang sangat kental dengan budaya hindunya sedangkan di Lombok sangat kental budaya islam.

            Hari pertama di Lombok saya berkunjung ke desa adat Sasak Sade disana kita dapat menjumpai kerajinan tenun yang dibuat masyarakat desa adat Sasak Sade. Rata-rata motif kain tenun disana toke karena binatang melata ini dipercaya membawa keberkahan.


 Setelah itu kita menuju pantai kuta. Loh bukannya pantai kuta ada di Bali? Nah di Lombok juga ada disana kita bisa melihat keindahan dimana bukit dan pantai berdekatan.

 Kemudian dilanjutkan ke Pantai Tanjung Aan disana kita bisa melihat lokasi syuting film Rhoma Irama yang berjudul Sajadah Ka'bah. Saya pun menaiki bukit itu dan berfoto, wah hasilnya bagus sekali seakan-akan laut berada diatas bukit.
Hari kedua kita berkunjung ke budidaya mutiara dan teripang. Lombok merupakan penghasil terbesar mutiara. Disana terdapat dua jenis mutiara yaitu air laut dan air tawar. Tentu saja terdapat perbedaan antara antar mutiara air laut dan air tawar. Mutiara yang mahal adalah mutiara air laut.

Hari ketiga kita berangkat ke  Pulau 3 Gili yaitu Gili Trawaangan, Gili Air, dan Gili Meno. Perjalanan ke tiga gili tersebut harus menyebrang seperti ke pulau seribu. Uniknya dari jalan raya menuju pelabuan kita tidak boleh naik kendararaan pribadi melainkan naik cidomo kendaraan khas Lombok. 
Setelah sampai di pelabuan kita menaiki perahu sekitar setengah jam. Setelah sampai suasana di pulau Gili ini begitu berbeda konsep mewah seperti bali banyak di jumpai disini karena banyak wisatawan yang berkunjung adalah turis asing. Saya memilih untuk menaiki sepeda keliling pulau.



Setelah tiga hari di Lombok aku merasa senang karena pariwisata disana masih asri dan tidak sehiruk pikuk wisatawan asing dan aku bisa membeli oleh-oleh khas Lombok dengan harga terjangkau. Semoga Lombok dapat mempertahankan keindahan daerahnya dan terus membangun potensi pariwisata.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda