Kamis, 24 Agustus 2017

Jika Saya Menjadi Menteri Pendidikan


Tingkat pendidikan merupakan salah satu tolak ukur untuk mengetahui Indeks Pembangunan Manusia di suatu negara, sehingga akan berpengaruh terhadap pengelompokan negara maju dan negara berkembang. Indonesia termasuk ke dalam kelompok negara berkembang dengan tingkat pendidikan yang rendah.
Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan ke empat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika Serikat sehingga Indonesia kesulitan dalam pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan pendidikan Indonesia saat ini dibutuhkan proses yang panjang dan bertahap.
Jika saya menjadi Menteri Pendidikan Indonesia, saya akan melakukan beberapa langkah diantaranya;
1.      Membangun sekolah-sekolah berbasis sumber daya yang disesuaikan dengan kondisi geografis daerah masing-masing, khususnya daerah perbatasan karena daerah perbatasan merupakan pondasi bangsa Indonesia agar tidak tertarik dengan kondisi negara tetangga.
a.       Daerah pantai untuk sekolah berbasis kelautan, pelajaran untuk peserta didik diantaranya :
1)      Dilatih menjadi TNI AL untuk mempertahankan wilayah maritim Indonesia.
2)      Dilatih menjadi atlet profesioal sehingga calon-calon juara atlet renang dapat ditemukan di daerah pantai (perbatasan).
3)      Dilatih menjadi pengelola sumberdaya laut misalnya ikan dan rumput laut yang dikemas dengan baik agar memperoleh nilai jual tinggi.
4)      Dilatih untuk pemasaran pariwisata dan mengelola resort-resot disekitar pantai sehingga akan menambah penghasilan masyarakat.
b.      Daerah dataran rendah, pelajaran untuk peserta didik diantaranya :
1)      Dilatih menjadi para petani yang profesional dalam mengolah lahan dengan bibit-bibit unggul sehingga para petani akan menjadi makmur sehingga Indonesia kembali menjadi Macan Asia sebagai pengeekspor beras nomor satu di Asia.
2)      Dilatih untuk membangun industri-industri ramah lingkungan sehingga kota di dataran rendah akan cepat berkembang.
3)      Dilatih untuk membangun infrastruktur dan teknologi tepat guna.
c.       Daerah dataran tinggi
1)      Dilatih menjadi pengelola perkebunan, sayur-sayuran, dan buah-buhan dengan bibit unggul sehingga tidak kalah dengan produk luar negeri.
2)      Dilatih untuk pemasaran pariwisata dan mengelola resort-resort disekitar dataran tinggi sehingga akan menambah penghasilan masyarakat.
d.      Daerah pegunungan
1)      Dilatih untuk pemasaran pariwisata dan mengelola resort-resort disekitar pegunungan sehingga akan menambah penghasilan masyarakat.
2)      Dilatih untuk membangun PLTA yang akan bermanfaat untuk kehidupan masyarakat.
3)      Dilatih untuk mengelola pertambangan-pertambangan sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat sendiri.
2.      Memberikan pelatihan-pelatihan kepada pendidik sehingga menjadi pendidik profesional yang berkualitas dan siap mendidik daerahnya masing-masing yang sesuai dengan bidang kajiannya.
3.      Mengganti kurikulum yang berubah-ubah dengan kurikulum yang sederhana tetapi hasil akhirnya peserta didik yang lulus sekolah memiliki keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
Itulah langkah-langkah yang akan saya lakukan jika saya menjadi Menteri Pendidikan Indonesia. Semua orang tahu jika Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, tetapi jika tidak ditompang dengan sumber daya manusia yang berkualitas lambat laun sumber daya alam Indonesia akan tetap dikuasai oleh bangsa asing.
Indonesia memiliki potensi yang besar menjadi negara maju jika Indonesia bisa mengubah barang mentah menjadi barang jadi sehingga harga ekspor jauh lebih mahal dan akan meningkatkan devisa negara. Ayo generasi muda mulailah bergerak dan berkarya untuk Indonesia, ingatlah bahwa dulu Indonesia pernah berjaya pada masa Kerajaan Majapahit. Mari kita kembalikan kejayaan Indonesia!


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda